Uji Korelasi SPSS

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai uji korelasi, perlu kita ketahui uji korelasi banyak dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melakukan penelitian berkaitan dengan Skripsi yang dibuatnya, terkadang mahasiswa atau peneliti merasa bingung dengan uji korelasi ini dikarenakan nilai yang dihasilkan tidak memenuhi kriteria nilai yang ditentukan. 

Korelasi pada dasarnya merupakan nilai yang menunjukan tentang adanya hubungan antara dua variabel atau lebih serta besarnya hubungan tersebut, ini berarti bahwa korelasi tidak menunjukan hubungan sebab akibat. Apabila dipahami sebagai suatu hubungan sebab akibat, hal itu bukan karena diketahuinya koefisien korelasi melainkan karena rujukan teori atau logika yang memaknai hasil perhitungan, oleh karena itu analisis korelasi mensyaratkan acuan teori yang mendukung adanya hubungan sebab akibat dalam variabel-variabel yang dianalisa hubungannya. Koefisien korelasi untuk 2 buah variabel X dan Y dengan jumlah data sebesar N, dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Karl Pearson.

Uji Korelasi SPSS

Pada perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Sumedang dalam hal ini STMIK Sumedang mengadakan suatu penelitian berkaitan dengan peminatan mahasiswa terhadap jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa baru yang akan mendaftar. Pada STMIK Sumedang disini terdapat 3 jurusan peminatan, yaitu : Manajemen Informatika, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 
Dalam studi kasus kali ini kita akan membandingkan 2 (dua) variabel mengenai pemilihan jurusan, dalam hal ini yang menjadi pilihan jurusan yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi pada STMIK Sumedang. Untuk mengetahui peminatan mahasiswa terhadap jurusan, maka seorang Panitia penerimaan Mahasiswa Baru membuat kuesioner/pertanyaan kepada sejumlah mahasiswa aktiv sebanyak 10 orang untuk mengetahui jurusan mana yang mereka sukai.
Oleh karena itu, panitia penerimaan mahasiswa baru membuat kuesioner/pertanyaan untuk masing-masing jurusan, pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain :

Jurusan Teknik Informatika
Uji Korelasi SPSS
Jurusan Sistem Informasi
Uji Korelasi SPSS

Untuk melakukan analisis korelasi terhadap studi kasus/penelitian diatas, maka kita lakukan pengolahan data dari nilai yang diperoleh dari hasil kuesioner mahasiswa yang masih aktif, dan hasilnya terlampir pada aplikasi Microsoft Excel dibawah ini :

Hasil Kuesioner Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

Uji Korelasi SPSS

Hasil Kuesioner Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi
Uji Korelasi SPSS

Setelah data disiapkan, maka langkah selanjutnya kita lakukan pengolahan di dalam aplikasi SPSS versi 17, langkahnya sebagai berikut :
Input jumlah data dari hasil kuesioner jurusan Teknik Informatika dan Sistem informasi ke dalam aplikasi SPSS.

Uji Korelasi SPSS

Setelah itu, kita klik menu Analyze – Correlate - Bivariate

Uji Korelasi SPSS


Akan menghasilkan tampilan sebagai berikut ;

Uji Korelasi SPSS


Pindahkan variabel TI dan SI ke kolom variabel sebelah kanan, 

Uji Korelasi SPSS

Maka akan menghasilkan output sebagai berikut :

Uji Korelasi SPSS

Demikian tutorial mengenai uji korelasi, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jika membutuhkan file nya silakan unduh disini

1 Response to "Uji Korelasi SPSS"

  1. Olah Data Semarang
    Whatsapp 085227746673
    Terima Jasa Olah Data
    SPSS, EVIEWS, STATA, SmartPLS, DLL
    Turnitin Free (Gratis) Berlaku Sampai 2022
    Link Download
    bit.ly/New32Dec
    STATA 17 Full Version
    Link Download
    dik.si/STATA17
    SmartPLS 3.3.3 Full Version
    Link Download
    dik.si/SM333
    Eviews 12 Full Version
    Link Download
    dik.si/Eviews
    #new_olahdatasemarang #newolahdatasemarang #skripsi #olahdata #jasaskripsi #spss #stata #smartpls #eviews #turnitin #olahdatasemarang #olahdatasemarang_ #olahdatasemarang2021 #olahdatasemarang_2021

    ReplyDelete